tengkleng asli solo dlidir

Jumat, 11 Agustus 2017

Sumedang Utara adalah nama salah satu kecamatan

Sumedang Utara adalah nama salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan ini memiliki luas hampir 3000 hektare dan dihuni lebih dari 177 ribu jiwa. Ada 13 Desa dan Kelurahan di dalam wilayah administratif kecamatan ini. Dengan rincian 10 desa dan 3 kelurahan. Diantaranya, Desa Girimukti, Jatihurip, Jatimulya, Kebonjati, Mergamukti, Mekarjaya, Mulyasari, Padasuka, Rancamulya dan Desa Sirnamulya. Sedangkan untuk tiga kelurahan yang ada di kecamatan ini diantaranya Kelurahan Kotakaler, Situ dan Kelurahan Talun.



Kecamatan ini berada tepat di pusat kota Kabupaten Sumedang. Perkembangan yang terjadi di kecamatan ini terbilang sangat pesat. Tidak heran jika kawasan ini menjadi pusat dari Kabupaten Sumedang. Ini juga menjadi kecamatan terbesar pertama yang ada di Kabupaten Sumedang jika dilihat dari jumlah warganya. Sedangkan di urutan kedua ada Kecamatan Sumedang Selatan.

Tentang Sumedang Utara



Selain itu, kecamatan ini juga menjadi kecamatan dengan jumlah pusat pendidikan, perbelanjaan dan pemerintahan terbanyak kedua di Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, pendidikan dan pemerintahan terbanyak yang pertama tetap dipegang oleh Jatinangor. Tahukah anda, jika kecamatan inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa Kabupaten Sumedang dijuluki sebagai Kota Tahu. Karena, di kecamatan ini menjadi pusat industri tahu dan ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu kala. Dan jumlah perajin tahu terus bertambah setiap tahunnya.


Dan sebagai cikal bakal dari lahirnya industri tahu adalah sosok yang bernama Ong Kino. Sosok inilah yang diketahui sebagai seorang perajin tahu pertama yang ada di Sumedang. Perusahaan tahu yang didirikan oleh Ong Kino bernama Tahu Bungkeng. Setelah itu barulah bermunculan perusahaan-perusahaan tahu lainnya.


Selain terkenal dengan pusat industri tahunya, kecamatan ini juga mulai dikenal dengan sejumlah wahana wisata yang khas kota ini diantaranya yakni delman dan kretek. Wisata ini terdapat di Jalan Sebelas April. Jika anda datang ke tempat ini, jangan lupa untuk mampir ke sejumlah tempat wisata lain yang ada di kawasan Sumedang. Karena di Kabupaten ini sangat banyak tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.


Tentang situs kami lainnya bisa lihat di perlengkapan haji dan seragam batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar